Minggu, 22 April 2012

Menulis, mengapa harus ragu???...

setiap individu lahir ke bumi dibekali dengan kemampuan menulis, a gifted writer. setiap orang sejatinya adalah penulis.
sosok yang menulis apapun itu. pada prinsipnya, menulis tidak sekedar aktivitas fisik, tetapi juga wkspresi diri dalam kendali otak dan otak yang menuntut latihan berkesinambungan dan terpola secara sistematis. tuntutan ini berlaku tidak hanya untuk individu yang diberkahi Tuhan dengan anggota tubuh tidak kurang apapun, tetapi mereka juga dihadapkan berbagai macam keterbatasan sejak lahir atau akibat kemalangan.
seseorang menulis pasti memiliki tujuan. corat-coret sekenanya juga menulis. karena kegiatan itu mengekspresikan rasa maupun gejolak dalam diri seseorang meskipun tanpa makna. dengan demikian , dari sudut pandang kegiatan fisik dan ekspresi, seseorang yang buta aksara (illiterate) sebenarnya masih juga bisa menulis.
namun, agar tulisan bermakna seseorang membutuhkan latihan continue dan terpola secara sistematis untuk mengasah ketajaman rasa. apalagi jika menginginkan tulisan mampu berfungsi komunikatif, dan interaktif, bahkan artistik.
semuanya merupakan proses yang menuntut "pengorbanan" waktu dan tenaga. tidak langsung jadi.
peristiwa maupun kejadian sehari-hari serta gejala di lingkungan sekitar merupakan perangsang sekaligus pemberi bahan jitu untuk ditulis. apapun yang dirasakan dan dipikirkan seseorang dari kejadian sehari-hari bisa dituangkan dalam bentuk tulisan.
jika merasa tulisan tersebut hanya untuk 'konsumsi pribadi' atau belum cukup percaya diri untuk dinikmati orang lain, anda bisa mulai menulis misalnya di buku harian (diary), menulis apapun sesuai suasana hati (mood) dalam bentuk yang disukainya. catatan harian, silahkan. bagai puisi atau cerita pendek itu tidak jadi masalah. semau gue-lah. bebas lepaskan apapun yang dipikirkan dan dirasakan.

sebagai wahana berlatih, seseorang bisa menerbitkannya sendiri. misalnya, orang lain bisa membaca tulisan ini di laman (page), situs pribadi (personal website), juga lewat blog yang dibuat di multply, blogspot, wordpress, dan lainnya yang menyediakan gratis. ^_^
bahkan ia bisa menerbitkan melalui catatan (note) di situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

pertama, seseorang harus meyakinkan dirinya bahwa ia bisa menulis. jangan pernah beranggapan bahwa keterampilan menulis itu merupakan bakat alami seseorang. bakat tidak pernah membuahkan hasil yang dikehendaki jika tidak diasah dengan latihan dan sentuhan lingkungan.

berikutnya, tulis apa saja yang dinilai menarik. jangan malu dan cepat berpuas diri atas hasil tulisan serta apa pun komentar rang lain atas tulisan tersebut. ibarat orang belajar naik sepeda, jangan gampang bosan dan menyerah saat jatuh karena menulis merupakan proses beresiko (risk taking process).
berlatih, berlatih, dan terus berlatih hingga mahir.

selain ketekunan, sebagai proses, menulis juga membutuhkan waktu. jadi bersabarlah. asal terus berlatih, seiring bergulirnya waktu tulisan seseorang akan baik dan semakin baik. bahkan proses menuju perbaikan itu kerap tidak disadari seturut bertambahnya wawasan. mungkin lima atau sepuluh tahun ke depan mendatang anda akan malu melihat tulisan yang dihasilkan saat ini. ^_*

ibarat pepatah, "Roma dibangun tidak hanya semalam". semua menuntut perjuangan. para pengarang brilian, penulis hebat tidak secara tiba-tiba mendapatkan kesuksesan seperti yang dinikmati sekarang. semua melalui proses perjuangan beraneka corak dan ragam.
oleh karena itu, tempatkanlah menulis sebagai kegiatan yang menyenangkan. jadi mulailah menulis. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar